Rabu, 27 Maret 2013

URUTAN BINTANG PALING TERANG, PALING DEKAT, DAN PENUNJUK ARAH


1.  Bintang Sirius
 


















Sirius disebut bintang anjing atau dalam bahasa Arab disebut Syi’ra. Bintang ini terletak di rasi Canis Major dan merupakan sistem bintang ganda dengan komponen primer bintang deret utama kelas A dan komponen sekunder sebuah katai putih
 
2.  Bintang Canopus 
 




















Canopus (α Car / α Carinae / Alpha Carinae) adalah bintang paling terang di rasi Carina, dengan magnitudo tampak −0.72.

3.  Rigil Kentaurus


















Rigil Kentaurus atau Alpha Centauri (α Cen / α Centauri); (dikenal juga sebagai Rigil Kentaurus, Rigil Kent, atau Toliman) adalah bintang paling cerah dalam rasi Centaurus. Nama Rigil atau rigel diambilnya dari bahasa Arab yang merujuk pada kaki dengan magnitudo gabungan -0,27.

4.  Bintang Arcturus




















Arcturus atau bintang Biduk adalah bintang paling terang di rasi Boötes, dengan magnitudo tampak −0.05  yang merupakan salah satu dari rasi bintang tertua di langit malam.

5.  Bintang Vega














Vega adalah bintang paling terang di rasi Lyra, sebuah rasi kecil namun penting yang terletak di antara rasi Hercules dan Cygnus. Bintang dengan magnitudo 0.04 yang terletak sejauh 26 tahun cahaya ini merupakan bintang paling cemerlang nomor lima di langit malam. 
6.  Bintang Capella



















Capella adalah bintang yang paling terang di rasi Auriga. Nama Capella berasal dari bahasa Latin yang artinya kambing betina. Capella adalah bintang raksasa kuning, seperti matahari kita sendiri.

7.  Bintang Rigel

















Rigel adalah bintang paling terang di rasi Orion dan bintang paling terang keenam di langit malam, dengan magnitudo visual 0.18.

8.  Bintang Procyon




















Procyon adalah bintang paling terang di rasi Canis Minor. Dengan mata telanjang tampak sebagai bintang tunggal dengan magnitudo tampak 0,34.

 
9.  Bintang Achemar

















Bintang paling terang kesembilan di langit malam adalah Achernar. Bintang ini adalah putih kebiruan yang sangat terang yang sekitar 69 tahun cahaya dari Bumi.

10.  Bintang Betelgeuse
















Betelgeuse adalah bintang yang terletak 427 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini merupakan bintang paling terang kedua di rasi bintang Orion.

Bintang yang Paling Dekat dengan Matahari dan Bumi 

Sistem bintang yang terdekat dengan Matahari adalah Alpha Centauri yang terdapat dalam rasi bintang Centaurus. Bintang terdekat dengan Bumi adalah Matahari pada jarak sekitar 149,680,000 kilometer, diikuti oleh Proxima Centauri dalam rasi bintang Centaurus berjarak sekitar empat tahun cahaya.

Bintang Penunjuk Arah 

 



















1. Rasi bintang Pari/Gubuk Penceng
    Fungsi: petunjuk ke arah selatan
2. Rasi bintang Biduk/Pedati Sungsang/Beruang Besar/Bintang Tujuh
    Fungsi: petunjuk ke arah utara
3. Rasi bintang Waluku
    Fungsi: para petani mulai menggarap sawah / tanahnya
4. Rasi bintang Kalajengking
    Fungsi: petunjuk ke arah tenggara


Tidak ada komentar:

Posting Komentar